<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Camila Vallejo : Mahasiswi Cantik Oposisi Terkemuka di Chile

Amerika Latin masih punya trend revolusioner dan selalu ada surprise. Dari Chile yang terkenal tradisi gerakan kiri pasca Augusto Pinochet muncul HERO baru. Di internet follower Twitternya 400an ribu, Facebook puluhan ribu. Fans di Korea Selatan membuat account Twitter khusus Camila Vallejo.

Mahasiswi Cantik Pemimpin Revolusioner Baru

Camila Vallejo in web design Lahir 28 April 1988, biasanya wanita muda (23) lebih menyukai hedonism. Tetapi tidak dengan Camila! Muda, cantik dan pemberani yang menjelma  “Che Guevara wanita.” Mahasiswi Universidad de Chile, studi Geografi ini menjadi tokoh oposisi paling berpengaruh. Ia pemimpin demonstrasi sejak Mei-Oktober 2011. Lebih 30 aksi besar  diikuti 100-an ribu hingga jutaan demonstran digelar.

Camila Vallejo in website design
source image Kapanlagi.com

  • "Sejak masa Subcomandante Marcos dari Zapatista, belum pernah lagi Amerika Latin terpesona dengan figur pemimpin perlawanan, … Kali ini pemimpin itu tidak pakai topeng, cangklong dan senjata, melainkan cincin di hidung." (The Guardian).

Lahir dari pasangan aktifis Komunis, Camila cepat belajar dan aktif kegiatan politik. Dia terdaftar sebagai kader Komunis Chile. Awal tahun 2011, Camila menjadi Presiden Ikatan Mahasiswa Universidad de Chile. Dalam seabad lebih sejarah universitas ini, dia perempuan ke-2 yang menduduki posisi itu dan kemudian memimpin demonstrasi jutaan rakyat Chile.

  • "Selama bertahun-tahun, anak muda Chile menjadi korban model Neo-Liberal yang mengagungkan konsumerisme dan pencapaian personal. Semua tentang saya, saya, dan saya. Tak ada banyak empati untuk yang lain," kata Komandan Camila, di kantornya yang dihiasi foto ukuran besar Karl Marx.

Awalnya hanya demonstrasi kecil di dekat kampus Universidad de Chile, kenudian  sejumlah mahasiswa universitas lain bergabung dan akhirnya menggelembung menjadi aksi massa nasional. Dari isu sederhana pendidikan gratis hingga ke tuntutan mundur Presiden Sebastian Pinera (dari Sayap Kanan).

Meski dikenal dengan tradisi politik kiri yang kuat, sistem pendidikan Chile dikuasai swasta warisan era Pinochet. Daily Beast menulis, gelar sarjana milik elite. Pelajar putus sekolah mencapai 52 persen, Biaya hutang harus ditanggung selama satu dekade. Dan Pinera – representasi Neo-Liberalisme  – menjadi sasaran keputusasaan rakyat.

Awalnya respon pemerintah sangat keras tetapi gagal sehingga Kepala Kepolisian dipecat. Seorang pejabat Kementerian Kebudayaan yang menulis di Twitter "Bunuh perempuan itu dan musnahkan jasadnya." Tulisan itu menjadikannya dipecat. Akhirnya mahasiswa diundang Kementerian Pendidikan untuk dialog. Sementara Aksi massa terus dilakukan hingga Presiden Pinera mengundang Camila bernegosiasi.

Camila Vallejo in website download1

Camila Vallejo-website download

Camila Vallejo in my website

 

 

 

Ia tawarkan peningkatan beasiswa dan budget pendidikan. Ternyata kini bukan itu tuntutannya   “Tindakan bagus, namun ini bukan perubahan struktural. Kami ingin mengubah model pembangunan."  

Kata Camila sambil menghisap rokoknya.  

Apakah karier politiknya mengikuti jejak Eva Peron?
(Source : Guardian, Daily Beast, Wikipedia)                                                                                  icon scroll to top Back to Top


0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

.

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

Blog Archive

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website
Webmaster Toolkit - free webmaster tools
Google PageRank Checker

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?