<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Review Singkat Tentang HTML dan CSS


Tahapan Pemula sedikit demi sedikit dapat kita tinggalkan. Sebagai Beginner hanya patuh mengikuti secara cermat petunjuk apa saja untuk mengisi konten dan memasang Accecories halaman Blog. Kita tentu ingin juga mengembangkan kreatifitas sendiri. Suatu waktu harus mencoba.
Satu peringatan yang harus diperhatikan jika nantinya mencoba mengubah di ruang EDIT HTML (sekecil apapun) yaitu lebih dahulu anda harus memBack-Up semua isi kodenya dengan menerima tawaran untuk men-Download Template. Tawaran ada pada baris diatasnya. Agar jika terjadi implikasi buruk akibat salah modifikasi kode HTML, halaman blog menjadi kacau balau, maka file XML hasil download bisa dipakai untuk mengembalikan templatemu.
Sesudah mendownload, anda juga harus memberi CENTANG di kotak kecil samping EXPAND TEMPLATE WIDGET untuk mengefektifkan atau mengeksekusi semua perubahan yang dilakukan.
Mengenal HTTP                                                                                       
Hyper Text Markup Laguage atau HTML pada dasarnya sama persis seperti teks biasa tetapi memungkinkan dibaca oleh semua Browser (seperti Mozilla FireFox, Internet Explorer, Google, Opera) sehingga isi (kontennya) berupa kode dapat dibaca dan dieksekusi oleh semua Browser. HTML hanyalah salah satu dari beberapa bahasa penulisan dokumen. Selain HTML juga ada bahasa XML, XTML dan lainnya.
Hampir semua penulisan Tag didahului dengan tag awal dan tag akhir Dan setiap file HTML memiliki struktur dasar seperti contoh dokumen HTML sederhana inj :
<!DOCTYPEhtml>                                                              <html>                                                                                                  <head>                                                                                                              <title>'''Selamat Datang di Blog Saya'''</title>                                        </head>                                                                                                           <body> <p>Nama saya Yusuf The Doublehorn!</p>                                 </body>                                                                                                  </html>
HEAD
Bagian header document HTML di apit oleh tag <HEAD></HEAD>. Bagian ini memuat tag TITLE yang menampilkan judul halaman web pada title browser. Bookmark juga menggunakan tag title untuk memberi mark suatu website. Browser menyimpan “title” sebagai bookmark dan juga untuk keperluan searching maka title di gunakan sebagai keywordnya. Header juga memuat tag META yang biasanya di gunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai document HTML, anda bisa menentukan author name, keywords, dan lainnya pada tag META. Contoh:

<meta name="Yusuf" content="Bisnis takaful online">

Elemen Body

Bagian BODY, yang dinyatakan dengan tag <BODY>…</BODY>, merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML dimana anda meletakkan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

Tag

HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag tersebut. Tag dinyatakan dengan tanda < dan  > biasanya merupakan pasangan yang disebut dengan : 1. Tag awal, dinyatakan dalam bentuk <nama tag> 2. Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk </nama tag>.   Contoh Formatnya :
<nama tag> teks yang ditampilkan </nama tag>

Atribute

Tag awal bisa memiliki beberapa buah atribut yang menyatakan karakteristik dari tag tersebut. Misalnya :
digunakan untuk membuat rata kiri dan kanan suatu paragraf. Tag yang digunakan adalah  : 
<p align=”justify”></p>
dan atribut yang menyertainya adalah ALIGN dengan nilai JUSTIFY. Nilai atribut ALIGN hanya bisa berupa center, left, right atau justify.

Mengenal CSS (Cascading Style Sheet)

Isi blog atau website terdiri 2 (dua) bagian, pertama berupa konten dokumen yang dapat berwujud teks, gambar, video, film, foto, audio dan sebagainya. Dan yang kedua berupa format desain untuk presentasi dokumen blog.
Pada awalnya tampilan dokumen diatur dengan membuat tag HTML namun kemudian tag tampilan ini ini dikembangkan lebih lanjut menjadi bahasa penulisan kode untuk presentasi dokumen yang berdiri sendiri.
Dalam prakteknya kedua penulisan dengan HTML atau dengan CSS ini kadang terpisah dan dapat pula keduanya terintegrasi. Dalam satu file kode blog atau website dapat digunakan bahasa HTML dan CSS secara bersamaan. Namun jika terpisah penulisannya maka akan ada file HTML dan file CSS sendiri-sendiri. 
Jika penulisan HTML terpisah pada dasarnya itu dapat menguraikan kerumitan (kompleksitas) penulisan kode dan dapat lebih fleksibel dalam menuangkan ide-idenya bagi pembuat rekayasa website dan juga lebih memudahkan bagi yang mempunyai akses ke kode2 tersebut.  Kelebihan lainnya jika terpisah adalah file CSS dapat direferensikan oleh file HTML.
Pengertian CSS adalah suatu bahasa penulisan kode yang dikhususkan untuk mengatur gaya (style) sebuah halaman Web atau blog. Sama seperti HTML penulisan file CSS sama seperti teks biasa. Penulisan kode file CSS digunakan untuk mendefinisikan LAYOUT (rancangan desain blog), pilihan jenis huruf, warna dan aspek2 presentasi lainnya.                              
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.
Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file). Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.
CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.[1] CSS adalah bahasa style sheetC yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.[2]
Para pemakai HTML dan CSS adalah para perancang (designer)  website dan para pengakses kode dalam website. CSS memang diciptakan untuk memecahkan kerumitan penulisan kode blog. Dengan cara memisahkan dan membaginya menjadi penulisan isi dokumen (yang penulisannya menggunakan HTML) dan penulisan bentuk presentasi dokumen.

Kini silahkan anda mencari referensi tentang HTML dan CSS.

Wallaahu a’lam bi shawab

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Delivered by FeedBurner

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?