<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Bahaya! 4 Tanda Tubuh Kelebihan Konsumsi Garam

4 Tanda Tubuh Kelebihan Konsumsi GaramPerbesar Foto

Islam mengajarkan tak boleh berlebihan dalam segala hal “Sesungguhnya Allah subhaana wa ta’ala tidak menyukai orang-orang yang berlebihan – Inna Allaaha laa yuhibbul musrifuun …”  Begitu pula dalam kesehatan, kelebihan unsur makanan tertentu atau adanya unsur berbahaya (seperti alkohol dan logam berat) akan mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. Akhirnya akan merusak organ tubuh dan komplikasi penyakit berat.

Unsur Garam

Garam merupakan sumber utama Natrium(Na) yang menjadi unsur sangat penting bagi tubuh sebab membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu mengirim impuls saraf dan proses kontraksi dan relaksasi otot.

Namun, konsumsi garam berlebihan dapat merugikan kesehatan, yang dapat menyebabkan gangguan keseimbangan Kalsium(K), menyebabkan penyakit darah tinggi hingga memicu risiko penyakit jantung.

4 Tanda Tubuh Kelebihan Garam

Menurut ahli gizi, tubuh memerlukan 1000 mg garam per hari. Sayangnya, banyak orang mengonsumsi melebihi takaran tersebut. Sudah Anda bisa tahu, apakah tubuh Anda mengalami kekurangan atau kelebihan garam, berikut beberapa tanda tubuh kelebihan mengonsumsi garam, seperti dilansir melalui Boldsky, Senin (20/2).

Tekanan Darah Meningkat

Asupan garam berlebihan akan meningkatkan jumlah Na dalam darah. Ketidakseimbangan membuat ginjal kesulitan untuk membuang kelebihan air dari dalam tubuh. Tekanan pembuluh darah dan kelebihan air di dalam tubuh meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah memicu risiko penyakit jantung, gagal ginjal atau gangguan otak jika tidak terkontrol.

Mudah Haus

Ketika terlalu banyak garam dalam tubuh, maka tubuh memerlukan air untuk mencairkan kandungan garam dalam darah. Umumnya, sel-sel tubuh melepaskan simpanan air untuk mengencerkan garam dari darah. Sel-sel membutuhkan air untuk bekerja dan inilah yang menyebabkan Anda merasa lebih mudah haus setelah makan garam.

Saat kelebihan garam, tubuh memerlukan banyak air untuk mencairkan kandungan garam dalam darah. Sel-sel tubuh pun melepaskan simpanan air untuk mengencerkannya. Sel-sel juga membutuhkan air untuk bekerja dan ini yang menyebabkan Anda kehausan setelah konsumsi garam.

Kembung

Kurangnya air dalam tubuh karena garam berlebihan menyebabkan kembung. Garam dapat menahan air pada tubuh dan dapat menyebabkan kembung. Mengkonsumsi banyak air putih akan membantu mengeluarkan atau kelebihan garam natrium dari tubuh.

Jarang Buang Air Kecil

Ginjal membantu mengencerkan garam dengan memperlambat produksi urin dan konservasi air. Anda mungkin merasa sensasi terbakar setelah buang air kecil. Hal ini terutama karena kelangkaan air yang menyebabkan pembakaran pada saat buang air kecil.

Jika Anda menghadapi tanda-tanda tersebut, sebaiknya kurangi asupan garam dan segera lakukan tes darah untuk konfirmasi. Minum banyak air sehari-hari dan kurangi makanan asin. Beralih mengonsumsi sayuran segar dan buah-buahan lebih baik.

source :
http://id.berita.yahoo.com/4-tanda-tubuh-kelebihan-konsumsi-garam-110750605.html

1 komentar dan respon:

fbindonesiacerita mengatakan...

Garam memang menjadi suatu yang istimewa untuk dijadikan penyedap masakan. Cuman bagi mereka yang mempunyai masalah kesehatan, garam bisa menjadi sangat berbahaya. Alhamdulillah saat ini sudah ada trik agar bisa mengurangi konsumsi garam secara alami, yaitu secara alami adalah dengan memakan makanan yang segar seperti halnya yang pernah saya baca di http://goo.gl/B4nnj6

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Delivered by FeedBurner

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?