<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Alam Semesta Ciptaan Allah : Seberapa Besar BUMI kita?

Kita hidup di planet bumi yang terhampar termat luas, dimana terbagi oleh negeri-negeri yang didiami oleh manusia dengan ras dan berbangsa-bangsa. Allah pun menciptakan manusia yang satu menjadi berbangsa-bangsa untuk saling mengenal. Begitu banyak hal yang belum kita tahu tentang negeri-negeri lain, sementara bumi secara keseluruhan, sebagai planet, dapat di ibaratkan sebagai satu titik (noktah) di alam semesta ini.

Seberapa besarkah ukuran buki kita?

Keliling planet yang kita diami ini, BUMI kita, panjangnya 40.000 km (Jika kita ada di Pontianak, kota yang berada pada posisi 0 derajat LU/LS, pergi terbang lurus ke Barat mengitari bumi,  hingga kemudian tiba kembali di kota Pontianak dari arah Timur. Itu artinya kita telah menempuh jarak 40.000 KM). Ini artinya bumi sangat besar bagi kita. Untuk pergi ke Amerika atau Afrika saja terasa jauh sekali.

Namun coba kita lihat seberapa besar Bumi kita di banding planet yang masih dalam satu tata surya kita yang hanya memiliki SATU matahari sebagai pusatnya dan 11 planet ini tidak henti mengitari matahari. Ternyata BUMI kita tidak ada apa-apanya.

image Pada gambar 1, BUMI lebih besar (secara berurutan) dari Venus, Mars, Mercurius danyang  terkecil Pluto dalam konfigurasi Tata Surya Matahari kita.

Pada gambar 2, ukuran BUMI kita jauh lebih kecil dari Planet Yupiter (yang terbesar)-Lihat! Ukuran planet Bumi nomor 1 dari kiri pada baris paling bawah gambar 2. Planet lain yang ukurannya jauh lebih besar dari Bumi (secara berurutan) Neptunus, Uranus dan Saturnus.

Pada gambar 3, Bumi hanya seperti satu titik (urutan planet nomor 5 dari kiri) pada baris planet-planet Tata Surya di bawah gambar “seukuran bola tenis” MATAHARI.

Sementara Matahari kita hanyalah satu bintang diantara bintang yang jumlahnya tidak terhingga dari konstelasi galaksi BIMA SAKTI. Dan alam semesta memiliki galaksi yang tidak terhingga. Semua itu adalah ciptaan Allah SWT, yang menjadikan bumi kita sangat-sangat teramat kecil, lalu bagaimana dengan kita di hadapan alam semesta ini. Lalu bagaimana kita di hadapan Yang Menciptakan alam semesta.

Sementara bintang yang terbesar pun hanya satu titik dibanding Galaksi, Cluster, Super Cluster, Jagad Raya. Allah Maha Besar!

Ukuran Bumi dibanding Planet Jupiter

Ukuran Bumi dibanding Matahari. Diameter (lebar) matahari 1.391.980 km. Jika bumi “dimasukkan” ke matahari, ada 1,3 juta bumi yang bisa masuk.

Ukuran Matahari dibanding Bintang Arcturus

Ukuran Matahari dibanding Bintang Antares. Saat ini bumi sudah tidak bisa dilihat lagi. Diameter Antares 804.672.000 km.

Kalau anda menganggap Antares sudah sangat besar, ternyata bintang itu masih belum apa-apa dibanding dengan galaksi seperti Galaksi Bimasakti yang terdiri dari ratusan milyar bintang dengan lebar hingga 100 ribu tahun cahaya (1 detik cahaya=300.000 km).

Galaksi itu pun tidak seberapa jika dibanding dengan Cluster (Kumpulan) Galaksi yang terdiri dari ribuan Galaksi.

Tapi di atas Cluster masih ada Super Cluster yang terdiri dari ribuan Cluster. Ribuan Super Cluster akhirnya membentuk jagad raya.

Saat ini diperkirakan Jagad Raya (Universe) lebarnya 30 milyar tahun cahaya. Tapi ini cuma angka sementara mengingat teleskop tercanggih saat ini “cuma” bisa mencapai jarak 15 milyar tahun cahaya!

Ini baru langit ke 1. Belum langit ke 2, langit ke 3, hingga langit ke 7 di mana saat Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad sampai hingga ke sana.

Jika dunia ini begitu luas, maka Allah menegaskan bahwa akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Jauh lebih luas lagi dari dunia!

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” [Al Baqarah 255]

Source:
http://www.alphadad.net/Previous%20Alpha%20Dad%20Site/alphadadkids.htm
http://www.bcssa.org/newsroom/scholarships/great8sci/Space/4galaxys.html
http://apod.nasa.gov/apod/ap080210.html
http://www.nasaimages.org/luna/servlet/detail/NVA2~8~8~14669~115210:The-Violent-Lives-of-Galaxies–Caughttp://media-islam.or.id/2010/03/11/seberapa-besarkah-bumi-kita-allah-maha-besar/

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Delivered by FeedBurner

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?