<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

How To Repair Broken Paragraph *

 

Pengaturan naskah ketik di media tulis berbeda-beda seperti pada pengaturan teks di Microsoft Word dan Excel atau NotePad.  Demikian juga dengan penulisan untuk page website atau blog sebelum di-posting sering ada masalah teknis pengaturan teks yang merepotkan.

Bagi blogger apalagi otodidak tentu terasa banyak membuang waktu. Anda tentu pernah mengalami saat mengetik dokumen sementara sebelum publishing, teks atau frase kalimatnya melompat-lompat dalam satu paragraf.  Anda pun dibuat kesal sebab sangat membuang waktu, kehilangan momentum saat ide mengalir deras dan sangat menghambat  dalam membuat artikel yang baik.  Apa solusinya?

Merapikan Paragraph

Contoh masalah paragraf yang rusak :

… yang diinginkan     dalam                                   kotak Alamat           URL, misal               mengetik “EKSPEDISI,”                       kemudian anda klik Cek Ketersediaan.

Awalnya saya sangat sulit merapikan paragraf karena menggunakan cara seperti mengetik dengan mesin ketik biasa. Sering paragraf yang diketik sangat kacau, tidak rapi atau tiba-tiba frase kalimat lompat ke baris di bawahnya seperti contoh frase diatas. Berikut ini solusinya.

Taruh kursor persis sebelum d (pada kata ‘dalam) lalu tekan SPASI dan BACKSPACE. Taruh kursor tepat sebelum huruf k(kotak) lalu tekan SPASI dan BACKSPACE. Kursor ditaruh persis sebelum huruf U (URL) lalu tekan tombol spasi dan Backspace. Kursor ditaruh persis sebelum huruf m (mengetik) lakukan dengan cara yang sama. Terakhir kursor ditaruh sebelum k (kemudian) lalu tekan spasi.

Hasil editing paragraf menjadi seperti dibawah ini  :

… yang diinginkan dalam kotak Alamat URL, misal mengetik “EKSPEDISI”
  kemudian anda klik Cek Ketersediaan.

Agar tidak berubah-ubah, paragraf diatas bisa dikunci. Jika Anda menggunakan Windows Live Writer, klik menu SUMBER (SOURCE) ada di pojok kiri bawah untuk membuka kode HTML.    Kemudian tepat sesudah  kata “EKSPEDISI” tambahkan <br> sebagai pemutus baris kalimat pada suatu paragraf.

Kode HTML sesudah Anda klik SUMBER sebagai berikut :

<p> … yang diinginkan dalam kotak <font color="#008080" size="2"><strong>Alamat URL,</strong></font> misal mengetik <font color="#ff0000" size="2"><strong>“EKSPEDISI”<br></strong></font>&#160; kemudian anda klik <font color="#008080" size="2"><strong>Cek Ketersediaan.</strong></font></p>

keterangan :

<p> tag paragraph (pembuka)  dan  </p> tag paragraph (penutup)
<br> tag untuk pemutus baris atau ganti satu baris dibawahnya
<font color="#008080" size="2">  tag kode warna (Teal) dan size huruf
<font color="#ff0000"> tag kode warna huruf merah (Red)
<strong> … … </strong>  atau kadang berupa <b> … … </b>  tag huruf
                                           tebal (bold

Ingin Membuat Satu Baris Kosong Hasilnya Menjadi Dua

Suatu saat anda ingin membuat satu baris baru diantara akhir suatu paragraf dengan awal paragraf baru yang terlalu rapat.

Seperti kasus ini :

….  harus terus mengetik nama-nama  baru yang juga cocok dengan selera anda hingga muncul kata  jawaban “Tersedia.”
Kemudian
lakukan Verivikasi Kata dengan mengetik ulang ke dalam
kotak yang tersedia character-character yang anda lihat  di atas kotak.  …

Jika anda taruh kursor di depan kata kemudian atau di akhir paragraf pertama (kursor di belakang kata “tersedia.”  Hasilnya sangat tidak anda harapkan karena jarak antara keduanya lebih dari satu baris. Seperti dibawah ini :

anda harus terus mengetik nama-nama  baru yang juga cocok dengan selera anda hingga muncul kata  jawaban “Tersedia.”

 


Kemudian lakukan Verivikasi Kata dengan mengetik ulang ke dalam

Jika terlanjur seperti diatas maka solusinya adalah :

Cara Pertama

Anda letakkan kursor dibelakang kata “Tersedia.” Kemudian anda lakukan blok dengan menekan kombinasi tombol SHIFT dan END bersama-sama terakhir kemudian tombol DEL. Hasilnya akan rapi seperti ini :

… anda harus terus mengetik nama-nama  baru yang juga cocok dengan selera anda hingga muncul kata  jawaban “Tersedia.”

Kemudian lakukan Verivikasi Kata dengan mengetik ulang ke dalam kotak yang tersedia character-2 yang anda lihat  di atas …… .

Cara Kedua

Kursor diletakkan sesudah kata  “Tersedia.” lalu anda tekan ENTER, maka terjadi jarak lebih dari satu baris seperti diatas dan posisi kursor tepat diatas kata Kemudian.

Anda harus mem-BLOCK dengan menekan kombinasi tombol SHIFT dan END terakhir tanpa melepaskan tombol SHIFT tekanlah DEL. Maka hasilnya akan sempurna seperti ini :

… anda harus terus mengetik nama-nama  baru yang juga cocok dengan selera anda hingga muncul kata  jawaban “Tersedia.”

Kemudian lakukan verivikasi kata dengan mengetik ulang ke dalam kotak yang tersedia character-2 yang anda lihat  di atas ……. . 

Satu Paragraf Dipecah Menjadi Dua Paragraf

Dalam proses menulis artikel  atau melakukan editing terhadap suatu artikel tiba-tiba anda punya ide untuk mengembangkan pokok pikiran dalam artikel tersebut menjadi pokok-pokok pikiran baru. Hal tersebut kadang harus memecah suatu paragraf menjadi dua atau bahkan 3 atau lebih tergantung arus gagasan yang mengalir.

Namun dalam menulis di Windows Live Writer seperti yang saat ini saya gunakan kadangkali terjadi masalah teknis yang menyebalkan. Ketika saya memotong dua kalimat berurutan kemudian saya pisah menjadi dua paragraf yang berbeda, hasilnya adalah jarak antara kedua paragraf itu terlalu jauh dan tidak bisa ditangani dengan pengaturan biasa.

Solusinya :                                                                                                           Letakkan kursor persis di belakang huruf pertama dari kata awal dari paragraf baru (paragraf 2). Kemudian anda tekan tombol ENTER lalu kursor dipindahkan persis di depan kalimat terakhir dari paragraf diatasnya (paragraf 1) kemudian tekan tombol DEL. 

Selesai
<Wallaahu a’lam bis sawwab>

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Delivered by FeedBurner

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?