<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Tambora in April1815 : The Greatest Global Climate Catastrophe

VOLCANOES OF INDONESIA

Di Indonesia ada 155 vulkano aktif, paling banyak di dunia, 76 diantaranya pernah meletus dan 3 sangat terkenal di kalangan vulkanologist dunia (Tambora, Krakatoa dan Merapi). Menurut Badan Geologi Kementerian ESDM hingga Oktober 2010, terdapat 22 gunung api status di atas normal.

inspiring quote yusuf zulkarnain letusan Gunung berapi
Great Eruption

Ketiga volkano terkenal di dunia tersebut adalah :  ke-1 Krakatoa meletus Agustus 1883 dengan korban tewas 36.000 ribu. Ke-2 Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah - DIY,  tercatat sebagai gunung berapi teraktif di dunia. Dan terakhir - ke-3 Gunung TAMBORA menjadi letusan paling dahsyat dalam kurun 10 ribu tahun terakhir, menelan korban 92.000 tewas seketika dan diperkirakan lebih 117.000 nyawa mati akibat kelaparan atau penyakit di Sumbawa, Bali dan Lombok pasca letusan Tambora.
( SOURCE  http://www.volcanolive.com/tambora.html ).

Tambora Eruption Catastrophe

Lokasi :  sisi utara  P. Sumbawa  8.25 derajat LS  118.00 derajat Bujur Timur
summit elevation     :    2850 m                                                                         Sejarah Letuan          :    tahun 1812-15, tahun 1880 dan tahun 1967
Tipe Gunung Berapi   :    Stratovolcano

kawah tambora inspiring quote yusuf zulkarnainKawah Gunung Tambora

Sebelum letusan, Tambora memiliki ketinggian kerucut puncak 1400-1500 m di atas perisai lava (Lava Shield), sehingga memberi ketinggian absolut lebih dari 4300 m. Ketinggian ini menyamai gunung paling tinggi di Indonesia saat ini, yaitu Gn, Jaya Wijaya. Kerucut hilang setinggi 1400 m selama letusan. Dan menyisakan puncak elevasi hingga sekarang pada ketinggian 2850 m.

Letusan dimulai tanggal 5 April 1815 dengan gemuruh dan emisi piroklastik kecil. Selama 24 jam letusan utama terjadi tanggal 10 April 1815 diikuti fase satu Jam Plinian (a hour Plinian Phase) dan runtuhnya kaldera. Langit tetap gelap selama 2 hari dalam radius 600 km dari gunung berapi. Getarannya mengguncangkan bumi hingga jarak ratusan mil dan membunuh 92.000 orang tewas segera  akibat aliran piroklastik yang mengarah ke laut   dan menyapu pemukiman penduduk padat.

tambora-explosion yusuf zulkarnain breakdown cover cheapZone wilayah dampak letusan Tambora 

tambora-explosion1 yusuf zulkarnain breakdown cover cheap
Gunung Tambora

Kisah Nestapa Akibat Letusan Tambora 1815

Letusan dahsyat gunung Tambora di  Sumbawa -Indonesia menyemburkan materi paling banyak dalam sejarah manusia. Diperkirakan sebanyak 36 mil kubik material vulkanik, menciptakan kawah diameter 7 km, kedalaman kawah 800 m dan keliling kawah 16 km, mengalahkan letusan Krakatau yang menyemburkan 5 km kubik dan menimbulkan lubang kawah selebar 5 km dengan kedalaman kawah 500 m.

Abu vulkanik dalam waktu lama ada di atmosfer bumi di ketinggian 10–30 km. Matahari terhalang debu vulkanik yang mengakibatkan SUHU GLOBAL turun 3 derajat Celcius, siklus iklim tak menentu menjadikan petani tak bisa menanam tanaman pangan. Paceklik pun melanda Kanada, AS, Inggris, dan kawasan Bumi Belahan Utara. Musim dingin berkepanjangan, curah hujan sangat tinggi dan tak adanya musim panas sepanjang tahun 1815-1816 menyebabkan bencana iklim ekstrim dan kelaparan.

Di India juga terjadi kegagalan panen setelah letusan Tambora dan terjadi bencana kelaparan. Ratusan ribu orang meninggal akibat kelaparan.

Di Eropa dampak terparah dialami Irlandia. Tidak adanya musim panas selama tahun 1816 menyebabkan curah hujan sangat tinggi dan suhu sangat dingin disepanjang tahun. Sekitar 65.000 orang mati kelaparan dan terkena wabah tipus. Wabah ini pun lalu menyebar ke daratan Eropa dan menewaskan 200.000 orang.

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

.

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website
Webmaster Toolkit - free webmaster tools
Google PageRank Checker

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?