<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

(2) Memahami Dunia Internet

Topik : Sejarah, Web server, WWW, URI, http, https 

Sejarah Kelahiran Jaringan Internet Dunia

World Wide Web program penemuan Tim Berners-Lee, fisikawan Inggris. Awalnya ia hanya ingin menemukan cara menyusun arsip riset. Untuk itu, dia kembangkan sistem untuk keperluan pribadi berupa software yang dinamai Equire. Dengan software itu dia sukses membuat jaringan terkait (linked) antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Ini menjadi dasar revolusi yang dikenal sebagai web.

web server ilustration 4 website design BLOG

Awalnya WWW dikembangkan di Pusat riset Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa. Tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal proyek pembuatan hypertext global. Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dijalankan di lingkungan CERN.  Tahun 1991 WWW resmi digunakan di jaringan Internet.

Website generasi pertama bersifat statis dan ditulis dalam format HTML, karena hanya dimaksudkan untuk komunikasi satu arah. Yaitu sesorang membuka website tertentu bisa berpindah dari satu halaman ke halaman lain memanfaatkan hypertext TETAPI tidak dapat meng-input data atau merespon ke halaman tersebut. Ini sangat canggih pada zamannya.

Web Server

image web server Adalah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web (Menjelajah dengan Mesin Pencari seperti Google, IE atau Mozilla) dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman webpage yg umumnya berbentuk dokumen HTML.

Web Server terkenal diantaranya  Microsoft Internet Information Service (IIS) yang hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows dan Apache merupakan server web antar-platform,

World Wide Web

Kumpulan web server seluruh dunia disebut WEB (World Wide Web) yang berfungsi sebagai HOST yaitu menyediakan data dan informasi berupa teks, gambar, suara, video dan animasi untuk dapat digunakan bersama.

WWW merupakan kumpulan dokumen sangat banyak yang berada pada komputer server (web server), di mana server-server ini tersebar di 5 benua, dan terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen informasi ini disimpan dan dibuat dalam format HTML.

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks saling terkait dengan teks lain atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks disebut hypertext. Dokumen infomasi ini bisa berupa text, gambar, suara bahkan klip video. Keterkaitan antar-dokumen seperti ini disebut hypermedia. 

Kesimpulannya, WWW adalah sekelompok dokumen multimedia saling terkoneksi menggunakan hyperteks link. Dengan klik hyperlink, maka bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lain.

URI

Uniform Resource Identifier adalah Pengenal Global yang mengidentifikasi sumber2 yang berguna dalam ruang informasi WWW untuk dimanfaatkan oleh semua Web Server.

HTTP

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Banyak digunakan pada pengambilan sumber-daya yang saling terhubung dengan Hyperlink – yang juga dinamai sebagai dokumen hiperteks  dan selanjutnya akan membentuk WWW.

Ada 2 versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yg sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang.

HTTPS

Merupakan versi aman HTTP(protokol komunikasi dari WWW) penemuan Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi yang banyak digunakan dalam E-Commerce.

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

.

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website
Webmaster Toolkit - free webmaster tools
Google PageRank Checker

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?