<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Pengenalan file RSS Feed dan Sitemap


Bagaimanapun juga kunci sukses memanfaatkan Google Webmaster Tools terletak pada penggunaan file-file XML, seperti file Sitemap dan file RSS Feed. Melalui file RSS Feed atau file RSS Atom, halaman-halaman terbaru Website atau Blog Anda yang ter-UPDATED, bisa dengan cepat diketahui para user internet atau website lain via Search Engine dan memastikan halaman tersebut telah ter-indeks oleh Google Search Engine.
Seperti tersebut diatas, file Sitemap dan file RSS Feed dibuat menggunakan struktur format file XML. 

Apa itu file XML?

File XML adalah jenis file (dengan extension .xml) yang memungkinkan suatu file mengandung database secara mandiri tanpa tergantung pada pengolah database lain.  Karena kesederhanaan dan kemampuannya ini, file XML banyak digunakan sebagai format standar untuk beragam kebutuhan pada  Generasi WEB 2.0 seperti saat ini.
Diantaranya untuk membuat file Sitemap dan file RSS Feed atau RSS Atom. Untuk membuat file XML ini Anda bisa menuliskan dengan menggunakan aplikasi gratis dan sangat sederhana seperti Notepad atau Wordpad.
website atau blog secara default – dari sononya - belum memiliki file Sitemap dan file RSS Feed. Terkait dengan sitemap,  Anda perlu lebih dahulu membuat sendiri file sitemap dan lalu meng-UPLOAD ke website Anda. Keduanya untuk memaksimalkan pemanfaatan Google Webmaster Tools – layanan assesment agar suatu website dalam kondisi prima saat di-crawl (dirayapi) mesin pencari dan memenuhi standar yang ditetapkan Google ketika website tersebut mengikuti program Pay Per Click (PPC) seperti Google Adsense atau semacamnya.  

Apa itu RSS Feed?

RSS Feed atau RSS Atom adalah file khusus berformat .xml yang berisi daftar halaman-halaman website Anda yang terbaru beserta ringkasan kontennya. Lalu apa manfaatnya bagi website Anda?  Dengan melalui RSS Feed ini pengunjung atau website lain dapat submit subscribe (berlangganan) ke website Anda sehingga dapat memantau konten-konten terbaru (up to date) pada website atau blog Anda.  Melalui file RSS Feed ini Anda sebagai pengelola website dapat menyebarluaskan link-link terbaru halaman web ke berbagai layanan sindikasi seperti Google Reader, Technorati, FeedBurner, WorkedBlog dan layanan sejenisnya.

Apa itu Sitemap?

Sitemap adalah file khusus berformat .xml yang berisi daftar SELURUH URL halaman suatu website atau weblog atau blog. File Sitemap khusus kita siapkan untuk dikonsumsi oleh web robot pada berbagai mesin pencari – seperti Googlebot pada Google Search Engine. Hal ini tentu saja berbeda dengan file-file web lainnya yang hanya digunakan untuk mendukung fungsionalitas website atau untuk menyajikan tampilan website.
Bagaimana cara kerja Googlebot atau web robot lain saat merayapi website?
Ketika web robot melakukan CRAWL (merayapi) suatu website, web robot akan memeriksa lebih dahulu apakah ada file sitemap. Jika ada ditemukan file sitemap, maka melalui file sitemap, web robot akan mendahulukan meng-indeks halaman-halaman web kita secara LEBIH CEPAT dan UTUH.     

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

.

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website
Webmaster Toolkit - free webmaster tools
Google PageRank Checker

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?