<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Review Singkat Tentang HTML dan CSS

 

image Saatnya berimprovisasi pada website.   Anda tentu ingin mengembangkan kreatifitas sendiri, waktunya mencoba. Sebelum mengubah halaman Edit HTML (sekecil apapun) harus diingat untuk Download Template  lebih dulu. Agar jika terjadi kesalahan saat ubah HTML sehingga halaman kacau, maka file XML hasil download dipakai untuk mengembalikan template asli. Anda harus memberi CENTANG kotak kecil samping EXPAND TEMPLATE WIDGET untuk mengeksekusi semua perubahan yang dilakukan.

Mengenal HTML

Hyper Text Markup Laguage sama seperti teks biasa tetapi memungkinkan dibaca oleh semua Browser (Mozilla FireFox, IE, Google, Opera) sehingga isi konten berupa kode dapat dibaca dan dieksekusi oleh semua Browser. HTML hanyalah salah satu dari beberapa bahasa penulisan file. Selain HTML juga ada bahasa XML dan  XTML.

Hampir semua penulisan Tag dilengkapi tag awal dan tag akhir. Setiap file HTML memiliki struktur dasar seperti contoh dokumen HTML ini :

<!DOCTYPEhtml>
<html>

<head>
<title>'''Selamat Datang di Blog Saya'''</title>

</head>

<body>
<p>Nama saya Yusuf The Doublehorn!</p>
</body>

</html>

HEAD

Header section dari file HTML di apit tag <HEAD> dan </HEAD>. Snippet ini memuat tag TITLE yang menampilkan judul webpage pada browser. Tag title digunakan untuk memberi suatu mark pada website. Browser menyimpan “title” sebagai bookmark. Dalam searching, title digunakan sebagai keywordnya. Header memuat tag META yang berguna untuk menentukan informasi tertentu mengenai file HTML,  misalnya menentukan author name  dan keywords pada tag META. Contoh :

<meta name="Yusuf" content="Bisnis takaful online">
Elemen Body

BODY Section diapit tag <BODY> dan </BODY>, merupakan tubuh (isi)  file HTML dimana diletakkan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

Tag

HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar atau huruf kecil  suatu elemen. Elemen HTML terdiri tag-tag beserta teks yang ada didalamnya. Tag dinyatakan dengan tanda < dan  > biasanya merupakan pasangan :  1.  Tag awal, dinyatakan dalam bentuk <nama tag> 
2. Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk </nama tag>.   Contoh Format  :

<nama tag> teks yang ditampilkan </nama tag>

Atribute

Tag awal bisa memiliki beberapa atribut yang menyatakan karakteristik tag tersebut. Misalnya :  Saat dinyatakan karakteristik paragraf rata kiri dan rata kanan. Tag yang digunakan adalah  : 

<p align=”justify”></p>

Nilai yang dapat menyertai atribut ALIGN hanya ada 4, berupa Center, Left, Right dan Justify.

Mengenal CSS (Cascading Style Sheet)

Isi blog terdiri 2 bagian, pertama konten dokumen berupa teks, gambar, video, film, foto, audio dan sebagainya. Kedua berupa format desain untuk presentasi dokumen blog.

Awalnya tampilan dokumen blog diatur dengan membuat tag HTML. Namun kemudian tag tampilan ini dikembangkan lebih jauh menjadi bahasa penulisan kode untuk presentasi dokumen blog yang berdiri sendiri.

Dalam praktek 2 penulisan ini - HTML dan CSS - kadang terpisah dan bisa pula terintegrasi. Dalam satu file kode pada website dapat digunakan bahasa HTML dan CSS secara bersamaan. Jika penulisan terpisah maka akan ada file HTML dan file CSS sendiri-sendiri. 

Kelebihan  penulisan secara terpisah adalah bisa  menguraikan kerumitan (kompleksitas) penulisan kode dan juga lebih fleksibel dalam menuangkan ide dalam rekayasa website. Dan lebih memudahkan bagi yang memilki akses ke kode tersebut.  Kelebihan lain adalah file CSS bisa direferensikan oleh file HTML.

Cascading Style Sheet (CSS) merupakan bahasa pemrograman web untuk mengatur gaya (style) halaman Website sehingga lebih terstruktur dan seragam. CSS merupakan bahasa penulisan kode sama seperti HTML menggunakan teks biasa. Penulisan CSS digunakan untuk mendefinisikan LAYOUT blog, pilihan huruf, warna dan aspek presentasi lain.                              

Sama seperti styles pada aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, seperti  heading, sub-bab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Biasanya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

CSS mengetur ukuran gambar, warna bagian tubuh teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouseover, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lain.[1] CSS adalah bahasa style sheet  C yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen blog sehingga memungkinkan kita untuk menampilkan halaman sama dengan format berbeda.

User  HTML dan CSS adalah webmaster dan pengakses kode pada website. CSS memang diciptakan untuk memecah kerumitan penulisan kode blog dengan memisahkan dan membagi menjadi penulisan file dokumen yangmenggunakan HTML dan penulisan bentuk presentasi.

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

.

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website
Webmaster Toolkit - free webmaster tools
Google PageRank Checker

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?