<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Apakah ini Ancaman Sumber Gempa Baru Bagi Jakarta? Penemuan Gunung Raksasa di Perairan Bengkulu

 

Para ahli geologi dari BPPT, LIPI, Dept. Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) tergabung dalam Team  riset bersama Indonesia, AS, dan Perancis berhasil menemukan gunung api raksasa di perairan 330 KM barat kota Bengkulu Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter.

gunung-berapi-raksasa-bengkulu2

Gunung api bawah laut ini berada di Palung Sunda pada kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api

“Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua,” kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (KOMPAS 28/5-2009).

letakgunungberapiraksasabengkulu

Tujuan survei untuk mengetahui struktur geologi dalam (penetrasi sampai 50 km) yang meliputi Palung Sunda, prisma akresi, tinggian busur luar (outer arc high), dan cekungan busur muka (fore arc basin) di perairan  Barat Sumatera. Team melakukan memetakan struktur geologi dalam untuk memahami secara lebih baik sumber dan mekanisme gempa pemicu tsunami menggunakan citra seismik dalam (deep seismic image).

Sejak gempa dan tsunami akhir 2004 dan gempa-gempa besar susulan lainnya, terjadi banyak perubahan struktur di kawasan perairan Sumatera yang menarik minat banyak peneliti asing.

Kita memiliki vulkano aktif paling banyak di dunia dan letusan Tambora dan Krakatau berdampak global. Tambora menyebabkan belahan Bumi Utara tanpa musim panas hingga satu setengah tahun. Ratusan ribu meninggal akibat perubahan iklim global ekstrim (suhu panas global turun 3 derajat Celcius akibat debu vulkanik menghalangi sinar matahari) menyebabkan curah hujan sangat tinggi, gagal panen dan penyakit.

Sekarang ditemukan gunung berapi yang jauh lebih besar dari Tambora. Apakah itu ancaman baru dari alam? TIDAK itu bukan ancaman. Semua itu untuk menunjukkan Allah Maha Besar. Semua bencana besar juga karena kehendak-NYa. Jika pun itu terjadi adalah ujian bagi hati yang beriman dan azab bencana bagi yang tidak beriman.

Penemuan gunung berapi raksasa di dekat Bengkulu menjadi ancaman  atau bukan itu tergantung prasangka kita kepada Allah. “ … Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku.”

1.     Tambora Caused Le Petit Caporal The Emperor of France Napoleon
        Bonaparte Surrendered In Waterloo

2.     In Dangerous Moments of Mount Merapi Eruption - The Most Active 
       Volcano in The World

3.     Tambora in April 1815 Made the Greatest Global Climate Catastrophe

< Wa billaahit taufiq wal hidayah >
The Quote Inspire Me to Islam

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

.

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

Blog Archive

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website
Webmaster Toolkit - free webmaster tools
Google PageRank Checker

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?