<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Kontroversi Di Sekitar Hyperlink dan Apa Itu Hyperlink ?

 

Men-Taut-kan situs sendiri dengan situs pihak ketiga (meng-Hyperlink-kan atau me-Link-kan antar isi halaman internet) harus mempertimbangkan fitur intrinsik di internet dan juga segi HUKUM. Beberapa website mengklaim bahwa website lain tak boleh me-LINK-kan (menghubungkan) tanpa izin.

Dalam peraturannya, tercantum hyperlink bukanlah referensi atau acuan, melainkan alat untuk mengkopi halaman WEB (World WIde Web).
Maksudnya, WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan hyperteks link. Dengan mengklik hyperlink, maka
bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

Kasus Hukum Dan Aspek Moral

Di Belanda, Karin Spaink dihukum sebab melanggar hak cipta tentang menge-LINK, walaupun peraturan telah dijungkirbalikkan pada tahun 2003. Mereka melihat bahwa hyperlink yang dihubungkan menuju pada sesuatu yang illegal dan digunakan untuk sesuatu yang illegal untuk dirinya.

Di Jepang, menge-LINK dianggap tindakan tidak sopan menghubungkan suatu website pribadi (terutama artis) tanpa izin lebih dahulu. Karena itu banyak artis Jepang, dan beberapa artis Amerika yang punya hubungan dengan Dunia CG Jepang, menggunakan istilah “Free LINK” pada website-nya untuk menandakan bahwa itu tidak boleh di-LINK-kan.

Pada tahun 2000, British Telecom menuntut Prodigy bahwa Prodigy telah melanggar hak patennya (US Patent 4,873,662) tentang HYPERLINK di web. Setelah membayar mahal, pengadilan menemukan bahwa hakpaten British Telecom tidaklah aktual pada halaman web.

Hyperlink Sebagai Currency dari World Wide Web

SEARCH ENGINE GOOGLE menggunakan PageRank (halaman untuk meranking/mengurutkan), untuk mengukur popularitas sebuah link untuk menentukan halaman mana yang menduduki barisan teratas. Semakin banyak hyperlink yang dimiliki untuk menunjuk ke halaman lain, maka akan mendapat ranking lebih tinggi. Faktor lain yang sama pentingnya ; melihat PageRank untuk mendapat informasi yang lebih.

MENGENAL LINK DAN HYPERLINK

Link (atau disebut juga hyperlink) adalah TAUTAN atau acuan dalam dokumen hypertext ke dokumen atau sumber lain. Sama halnya  kutipan dalam literatur. Dikombinasikan dengan jaringan data dan sesuai protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Ada beberapa cara (format) menampilkan Link pada halaman web. Salah satunya berupa embedded link (Link yang tersimpan).

Link Behaviour di dalam penjelajah web (Web Browser)

Pada web browser biasanya ditampilkan Link dengan cara berbeda, misal dengan perbedaan warna, huruf atau style (tipe). Style dan behaviour Link dapat dispesifikasikan menggunakan Bahasa CSS. (Cascading Style Sheet).

Kebanyakan web browser menampilkan Link dengan font biru bergaris bawah saat tidak diklik, tapi berubah menjadi font bergaris bawah warna ungu saat klik. Saat Link diaktifkan, web browser akan menampilkan tujuan Link itu. Jika tujuannya bukan file HTML, maka akan bergantung pada jenis berkas yang ada di penjelajah dan itu disebut dengan plugin. Program lain mungkin dapat diaktifkan untuk membuka berkas itu.

Kode HTML mengandung beberapa atau semua dari 5 karakteristik pokok dari sebuah LINK :

§ Tujuan link ("href" menunjuk ke sebuah URL)
§ Label Link
§ Judul Link
§ Sasaran Link
§ Kelas atau ID Link

biasa menggunakan element HTML "a" dengan dilengkapi kakakter "href" dan juga karakter lain "title", "target", dan "class" atau "id".

<a href ="URL" title="judul LINK" target="sasaran LINK
" class="kelas LINK">Label LINK</a>

Barisan pada Link yang lengkap adalah jika kelima karakternya digunakan semua (URL tujuan, Judul LINK,  Kelas Link, Sasaran Link dan Label Link).

Untuk Link yang kompleks, barisan link-nya dapat dikurangi untuk kemudian dibuat link baru dengan tujuan  kebersihan, sehingga mudah untuk membaca teks atau dokumen. Dengan kata lain dipecah lagi dalam bebrapa barisan.

Beberapa informasi teks tentang  Link ditunjukkan  oleh  :

§ Pops up,
sebuah kotak khusus yang melayang dan menghilang saat kursor di geser. (Beberapa pops up juga menghilang setelah beberapa saat, dan kembali muncul jika kursor digerakkan pergi atau kembali ). Internet Explorer (IE) dan Mozilla Firefox menunjukkan judul, Opera juga menunjukkan URL.

§ Sebagai tambahan,
URL juga ditunjukkan pada status bar.

Karakter Target Khusus untuk Frame Banyak

Sebuah Link akan membuka frame atau jendela sebelumnya, tetapi sebuah situs yang menggunakan frame atau jendela banyak untuk navigasinya menambahkan sebuah karakter khusus "target" untuk menyepesifikasikan dimana Link tersebut di bebankan.

Frame diberi nama sesuai dengan keinginan.   Dan identifikasi ini mengacu pada sesi browsing sebelumnya. Jika frame sebelumnya tak cocok dengan nama itu, sebuah frame baru akan dibuat dengan menggunakan ID.

Pembuatan frame baru biasanya menggunakan karakter "target". Untuk mencegah penggunaan frame yang berulang-ulang, sasaran frame khusus dengan nama "_blank" dan "new", karakter ini akan selalu memunculkan frame atau jendela baru.

Untuk melihat tipe LINK ini adalah saat suatu webpage (halaman web)berpautan dengan halaman halaman lain. Tujuannya adalah untuk memastikan pengguna tidak kebingungan saat menjelajah (Browsing) pada situs yang telah dipautkan dengan situs lain.

Terkadang karakter ini sering digunakan berlebihan hingga  menyebabkan banyaknya frame yang terbuat saat menjelajahi sebuah situs.

Karakter target halaman khusus yang lain adalah "_top", ini adalah karakter frame yang berguna untuk menghapus jendela lama sehingga penjelajahan dapat dilanjutkan dengan jendela yang penuh.

Sejarah hyperlink

HYPERLINK diperkenalkan tahun 1965 (atau mungkin 1964) oleh Ted Nelson dalam Project Xanadu. Inspirasi datang setelah membaca “As We May Think” buku popular karya Vannevar Bush. Dalam karangannya, Bush mendeskripsikan inovasi inspiratif : 
Deskripsi tentang dasar mesin microfilm yang dapat menghubungkan 2 halaman informasi ke dalam suatu “trail”  informasi yang saling terhubung, lalu di scroll bolak-balik antar halaman. Yang kemudian disebut sebagai sebuah single microfilm.

Analogi untuk saat ini adalah membangun suatu daftar (barisan) petunjuk halaman buku mengenai  pokok2  yang berhubungan dengan webpage, kemudian mengijinkan users menggulung maju dan mundur sesuai urutan.

== Dalam seri buku dan artikel yang dipublikasikan dari 1964 sampai 1980, Nelson mengubah konsep Bush dengan cross-referencing diotomatiskan ke dalam konteks computer, dibuat dengan barisan text spesifik menjadi sebuah halaman utuh. Ia publikasikan temuan mesin desk-sized  local ke suatu jaringan computer diseluruh dunia, dan didukung dengan ciptaan sebuah jaringan seperti itu.

Sementara itu, sebuah team led oleh Douglas Engelbart (dengan Jeff Rulifson sebagai programmernya) pertamakali mengimplementasikan konsep HYPERLINK untuk scrolling dengan sebuah dokumen single (1966), segera setelah itu diaplikasikan untuk menghubungkan paragraf dengan salinan dokumen yang lain (1968).

< Selesai >
Wallaahu a’lam bissawab
The Quote Inspire Me to ISLAM

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Delivered by FeedBurner

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

Blog Archive

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?