<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

How to Erase Page not Found-Error 404

 

Saat-saat Browsing atau ingin membuka URL yang kita inginkan sering kita temukan pesan ERROR diatas. Mungkin segera kita abaikan dan kita klik tanda ‘GO BACK ONE PAGE’ atau menghapus tab. Masalahnya kalau hal itu sering terjadi pada blog Anda maka akan berimbas pada perlakuan Mesin Pencari dalam meng-indeks webpage tersebut.

error 404Page not found atau error 404 merupakan kondisi dimana link URL yang dicari tidak ketemu. Hal itu bisa terjadi jikalau kita TELAH menghapus alamat URLnya ataupun mengganti permalink yang telah dibuat sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, halaman dari blog hanya akan memunculkan peringatan page not found saja.

catatan :
URL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
Permalink   adalah      URL yang menunjuk ke suatu BLOG atau forum tertentu.Karena Permalink
tetap tidak berubah tanpa batas waktu maka disebut juga link permanen, tetapi nama permalink yang paling umum dalam blogosphere.

Dan bagi yang menggunakan WORDPRESS, dimana permalink menjadi alternatif untuk mengganti URl yang tidak Search Engine Friendly, jika kita mengubah permalink maka secara otomatis link-link URL blog kita akan berubah. Hal tersebut akan berimbas pada Mesin Pencari (SE) yang sudah mengindex blog, akan mengarah kepada link-link yang mati, yang akan memunculkan error 404.

Ada tips-tips yang bisa digunakan untuk mencegah error 404 dari link yang berubah, diantaranya :

  1. Tips yang pertama, menghapus secara permanent URL yang sudah terindex oleh mesin pencari, dalam hal ini google karena saat ini google masih menjadi primadona search engine. Sehingga untuk menghapus URL yang sudah terindex google bisa menggunakan Google URL remove tool. Tentu untuk bisa menggunakan google remove tool harus login terlebih dahulu ke alamat gmail.
  2. Tips yang kedua, jika web Anda WordPress, bisa menggunakan plugin pengalih URL seperti permalinks moved permanently. Dengan plugin dari wordpress yang satu ini, perubahan permalink yang dilakukan oleh wordpress akan diarahkan menuju alamat yang identik dengan tulisan terkait. Sehingga tidak memunculkan lagi pesan error 404 atau page not found.

Lalu apa pentingnya kita menghapus link yang mati atau error tersebut ?

Semakin banyak link yang error akan memperburuk citra blog. Sehingga akan mematikan teknik-teknik SEO yang sudah dibangun oleh link yang mati atau error tersebut. Hal itu menjadikan pengunjung yang datang melalui search engine akan menemukan error 404.

Setidaknya tips ini mengurangi bahkan menghilangkan dampak dari page not found yang dikarenakan error 404 dimana alamat URL tidak tersedia. Dengan begitu, citra yang sudah lama dibangun, terlebih lagi indexing yang sudah teroptimalisasi baik melalui google maupun yang lainnya tidak hancur gara-gara ulah error 404 ini.

Selamat mencoba.

< Wallaahu a’lam bis sawab >

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Delivered by FeedBurner

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

Blog Archive

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?