<div style='background-color: none transparent; float:right;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

KONFIGURASI NAMA DOMAIN DAN KOMPONEN SITUS

 

INTRODUCTION adalah langkah paling awal sebelum melakukan sesuatu, maka kita harus mengenali seperti apa itu BLOG. Sebagai pembuka saya menjelaskan komponen struktur Blog. Setidaknya dengan pengetahuan ini, kita menjadi tahu, bagian mana yang bisa kita tangani, dan mana yang harus menggunakan jasa orang lain. Kita juga akan tahu bagian mana yang harus diotak-atik dalam troubleshoting.

Situs terbagi 2 macam yaitu BLOG dan WEBSITE. Perbedaannya adalah situs WEBSITE statis. Pengubahan halaman website memerlukan prosedur yang tidak sederhana. Contohnya website resmi institusi pemerintahan.

kita punya NAMA, TUBUH, JIWA dan RUMAH, maka SITUS juga  memilikinya. Agar dapat diakses oleh publik, sebuah situs harus memiliki 4 komponen utama, yaitu Nama Situs, Body, Content dan Server Web-Hosting

1.   NAME OF SITUS

Pada umumnya perpaduan dari Domain dan Top Level Domain, dimana perpaduan nama ini  bersifat khas  yaitu tidak ada yang sama satupun didunia ini. Seperti nama http://yusufzulkarnain.blogspot.com. Domain blog adalah ‘yusufzulkarnain’. Sub-Domain  menggunakan  ‘.blogspot

1.1   TOP LEVEL INTERNET DOMAIN ( TDL )

Terjemahannya= Ranah Internet Tingkat Tertinggi, Tapi sering disebut  Top Level Domain,(TLD) yang dirujuk pada beberapa huruf setelah tanda titik (dot) terakhir dalam sebuah nama domain.

Seperti nama domain di atas,   Top Level Domain (Ranah Tingkat Tertinggi)
adalah COM atau com (No Problem penulisan nama  dengan huruf besar
atau kecil). Contoh kombinasi sub-domain dan TDL lain :  .wordpress.com,
.blogspot.com atau .farcelluler.co.cc dengan layanan  subdomain gratis.

Banyak nama Top Level Domain (Domain Level Tertinggi) selain  ’.com’, diantaranya  .net, .info, .biz, dan sebagainya. Bahkan banyak negara memiliki Top Level Domain berbeda-beda. Seperti .jp adalah top-level domain kode negara Internet untuk Jepang. Domain ini diawasi oleh Badan Pendaftaran Jepang. Kode TDL suatu negara dikenal sebagai ccTDL atau code country TOP LEVEL DOMAIN.

1.2   SUB DOMAIN   

Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi. Catatan: "subdomain" menyatakan ketergantungan relatif, bukan absolut. Contoh: wikipedia.org merupakan subdomain dari domain org, dan id.wikipedia.org dapat membentuk subdomain dari domain wikipedia.org (pada prakteknya, id.wikipedia.org sesungguhnya mewakili sebuah nama host - lihat dibawah). Secara teori, pembagian seperti ini dapat mencapai kedalaman 127 level, dan setiap label dapat terbentuk sampai dengan 63 karakter, selama total nama domain tidak melebihi panjang 255 karakter. Tetapi secara praktek, beberapa pendaftar nama domain (domain name registry) memiliki batas yang lebih sedikit.

1.3   HOST

Terakhir, bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host yaitu sistem yang membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan; nama host adalah nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain www.wikipedia.org memiliki nama host "www".

1.4      http :// atau https://

1.4.1   HTTP 

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan Hyperlink, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web (WEB). Di-Inovasi oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee tahun 1990. 

Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

1.4.2   HTTPS  

Adalah versi aman dari HTTP (protokol komunikasi dari WWW). Ditemukan Netscape Communications Corp.    untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi. Terutama digunakan di E-Commerce/komersil elektris.

(2). BODY OF SITUS

Yang dimaksudkan dengan badan situs adalah STRUTUR dan LAYOUT DASAR sehingga website dapat tampil dengan baik. Struktur utama sebuah website dibentuk oleh Script HTML, dihiasi oleh CSS, Gambar Latar dan Icon, agar dapat mengolah data maka dicerdaskan oleh php, asp, jsp atau lainnya.  Agar terlihat lebih atraktif, interaktif dan lebih hidup, sebuah situs dipersenjatai dengan Javascript, Gambar Animasi dan Flash.

Jika enggan belajar web-programming, minimal Anda harus belajar cms agar dapat membuat website sendiri, seperti cms wordpress dan joomla.

(3). SOUL OF SITUS

NYAWA suatu situs, yang dimaksud adalah CONTENT yang berkenaan dengan fungsi dan tujuan website itu dibuat. Tujuan membuat website diantaranya adalah website sebagai toko online, sebagai blog, portal, social media, album photo, profil perusahaan, dan sebagainya.  Tujuan yang berbeda tentu memiliki type content yang berbeda sesuai fungsinya.

(4). HOME OF SITUS

RUMAH bagi suatu situs adalah server yang menyediakan WEB-HOSTING untuk menempatkan file-file dan database website tersebut. Hosting disini adalah server  diantara semua server yang yang terhubung ke internet atau tergabung dalam World Wide Web dan menjadi ‘Home of Situs.’

Jadi, bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host yaitu sistem yang membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan; nama host adalah nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain www.wikipedia.org memiliki nama host "www".

Ketika seseorang mengakses sebuah website, sebenarnya dia sedang mengakses sebuah komputer server yang terkoneksi ke internet, yang telah disediakan oleh pihak hosting untuk disewakan.

<Wallaahu a’lam bis sawab>

0 komentar dan respon:

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History
Sanden Yogyakarta Jakarta Slideshow: Yusuf’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Yogyakarta was created by TripAdvisor. See another Yogyakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
Free Backlinks Online Users

Delivered by FeedBurner

Google Translate

Add to Google
Translate to 32 LANGUAGES
Jpn
Indonesia

Sayangi Kendaraan Anda
ASURANSI MOBIL SHARIAH
contact :
yusuf.edyempi@yahoo.com
SMS......:...0815 8525 9555

Statistic

danke herzlich für besuch

free counters

Blog Archive

SEO for your blog

sitemap for blog blogger web website

Recent flag visits


bloguez.com

STAGE OF MODERN CIVILIZATION SOME GREATEST ACHIEVERS OR THE ONES HISTORY WOULD REMEMBER SOME WAY - CAN YOU TRACK THEM BY NAME?